Mencairkan Cek Amazon Melalui BRI

pencairan cek amazon melalui briSeperti kita ketahui bahwa salah satu kelemahan dari program affiliate Amazon adalah pembayarannya yang masih melalui cek. Berbeda dengan Adsense yang telah bekerjasama dengan WU (Western Union), sehingga kita hanya tinggal mengambil uang melalui perwakilan WU dimana pun. Cukup membawa KTP dan fotokopinya, maka uang langsung cair, namun disinilah letak keunikan dari pencairan cek Amazon.

Kali ini saya mencoba untuk menceritakan proses dan biaya melakukan pencairan cek Amazon melalui Bank BRI. Sebelumnya saya biasa mencairkan cek lewat BCA menggunakan rekening BCA Dollar, namun sekarang BCA memberlakukan aturan baru bahwa pencairan di luar cek dari BCA harus menggunakan rekening Giro. Karena proses yang menurut saya kurang simpel maka diputuskan untuk beralih ke bank lain. BRI menjadi pilihan karena saya telah memiliki rekening itu sejak lama :p

Proses yang dilakukan cukup sederhana, datang saja ke kantor BRI di kota anda, namun minimal harus kantor cabang atau yang lebih besar karena proses pencairan tidak bisa dilakukan di BRI unit. Datang ke customer service (CS), bawa ceknya, KTP, ATM dan buku tabungan. Kita hanya akan diminta menandatangani cek tersebut dan membayar sejumlah biaya yang dikenakan. Waktu pencairan 1 bulan dan akan langsung masuk ke rekening tabungan kita dengan kurs pada hari itu.

Lalu berapa biayanya? Memang dibandingkan dengan BCA, biaya pencairan di BRI lebih mahal $5. Pada saat awal kita akan dikenakan processing fee dari BRI sebesar $15. Jadi pastikan anda membawa uang sejumlah itu yang dalam kurs rupiah hari ini berjumlah Rp 139.000,-. Jika tidak membawa cash, bisa ditarik melalui tabungan anda, maka jangan lupa membawa kartu ATM juga. Tidak lupa ada biaya materai 6000 rupiah sebagai persyaratan penarikan cek asing (rasa-rasanya di seluruh bank sama). Biaya $15 akan hangus apabila cek tidak berhasil dicairkan, tetapi menurut pengalaman saya hal itu belum pernah terjadi.

Setelah cek diterima pihak bank disana, maka akan dipotong kembali biaya sebesar $10. Ketika uang telah cair dan akan masuk ke rekening kita, pihak BRI kembali memotong sebesar $5. Jadi total biaya pemotongan adalah $30 + materai 6rb rupiah, sedangkan di BCA total $25 + materai. Biaya nya memang terasa besar, apalagi kalau cek kita hanya berjumlah $100 (jumlah minimal pengiriman cek Amazon), sampai ke rekening tinggal $70 :p Namun jika ini merupakan cek perdana anda, sudah sepantasnya untuk segera dicairkan supaya bisa cepat merasakan dollar pertama anda dari internet. Nah untuk cek-cek selanjutnya, harus semangat untuk memperoleh jumlah yang lebih besar lagi supaya tidak terasa beban biaya potongnya, hehe..

Buat teman-teman yang punya pengalaman mencairkan cek Amazon di bank lain dengan biaya yang lebih murah, bisa tolong dishare melalui kolom komentar di bawah ini. Nanti bisa saya rangkum untuk informasi tambahan pembaca yang lain. Terima kasih dan selamat berburu cek Amazon 🙂

You can leave a response, or trackback from your own site.

26 Responses to “Mencairkan Cek Amazon Melalui BRI”

  1. Hmmmm, bau aroma duitttt $_$
    Suksesss terusss mas! Semangattttt! 🙂

  2. unetz says:

    Selamat Pak Hino,

    Semoga makin sukses dan bermanfaat.

    btw pak,,, saya baru hari ini tahu internet marketing … hehehe

    mnta saran nih tahapan bisnis di amazone apa aja..

    hatur nuhun Pak.

    • Hino says:

      Terima kasih sudah mampir di blog saya 🙂
      Bisnis di Amazon sebenarnya mudah, pertama buat web sederhana saja yang isinya membahas tentang satu produk tertentu (dalam bahasa inggris ya), kedua daftar affiliate amazon (affiliate-program.amazon.com), setelah disetujui, pasang kode amazon di web kita, lalu promosikan web tersebut. Semakin banyak pengunjung datang, semakin besar kesempatan pengunjung untuk membeli produk Amazon yang terpampang di web kita. Demikian tahapannya, semoga berguna 🙂

  3. iam detailer says:

    Wah, selama ini saya ngga perhatiin potongannya mas 🙂 … mungkin saking senengnya cairin cek dari amazon.

  4. iam detailer says:

    ha ha ha … bisa aja :), besar kecil itu relatif, yang penting Alhamdulillah. Siap-siap sebar amunisi buat akhir tahun nich 🙂

    • Hino says:

      Betul mas, yang penting sudah terbukti bahwa kita bisa menghasilkan lewat Amazon.
      Setuju.. siap-siap pasang amunisi buat ledakan akhir tahun niy 🙂

  5. Alif says:

    Mas Hino apakabar? wah makin sukses nih nyairin dolarnya…
    Bisa donk di ajarin online marketing dan cari tambahan dari adsense ato amazone.

    • Hino says:

      Halo Om Alif, kabar baik. Piye juga kabare? Aminn, sama-sama sukses kita 🙂 Aku juga nggak terlalu ahli bos di internet marketing, ya belajar kecil-kecilan, hehe..

  6. nuzly says:

    untuk info pencairan cek tahun ini gmn mas hino
    lama proses pencairan, biaya pencairan, dan bank mana yg paling cepat proses pencairannya??

    klu gak salah sekarang semua bank sudah berbeda cara dan biaya pencairannya, pernah cairin di citibank kena fee 350rb diawal dg proses pencairan 30hari, pengen nyoba di BRI kata teman gak ada feenya aneh juga y tp kata di blog ini antie.info/20/06/2011/pencairan-cek-amazon-di-bri.html kena $10, trs itu teman ud 5x nyairin tp belum cair juga tuh ke rekening aneh,
    mohon info terkini/terbaru/terhangatnya mas hino, thanks

    • Hino says:

      Saya masih menggunakan BRI dan so far nggak ada masalah. BRI mengenakan fee $10 dengan lamanya pencairan 1 bulan sampai dengan masuk ke rekening. Untuk cek Amazon sepertinya tidak ada masalah karena merchantnya cukup terkenal.
      Untuk kasus teman anda mungkin musti dilihat apakah cek nya Amazon juga? Setahu saya kalau Amazon tidak ada masalah. Dan biasanya memang harus di cairkan di bank pusatnya atau mungkin setingkat wilayah. Kalau di cabang belum bisa. Kalau Saya biasa mencairkan di kantor pusat BRI di Bogor.

  7. Yenny says:

    Barusan saya cairkan cek di BRI, fee nya naik, dari $15 menjadi $50, utk BRI nya aja, blm bank koresponden. Klo ada yang lebih murah, share donk…

  8. yenny says:

    sekarang fee nya $50, mencekik oi …

  9. thuval says:

    Wah kebetulan saya juga punya’a cuma BRI

  10. Yenny says:

    Update : CIMB Niaga fee $15/cek 😀

  11. pes 2015 apk says:

    wah sekarang tambah mahal donk pak…
    rate dollar kan sekarang 11.967,- per 1 usd nya
    wuih….

  12. iam detailer says:

    Mas Hino Apa kabarnya nich? Proyek amazonnya masih jalankah?
    Oiya, mengenai pencairan cek Amazon, selama ini saya sudah coba 2 bank yaitu BRI dan CIMB Niaga.

    dalam hal biaya CIMB Niaga lebih murah, yaitu $10, tapi kalau masalah waktu pencairan BRI yang lebih cepat waktu pencairannya. BRI memang top markotop dech … cepet banget proses pencairannya… rata2 ngga sampai 30 hari.

    • Hino says:

      Halo Mas Iam, kabar baik.
      Amazon masih mas tapi dah nggak terlalu fokus.
      Thanks buat info nya, mangga buat temen-temen yang mau coba lewat Niaga.
      Menurut saya juga BRI masih yang paling cepat.

  13. iam detailer says:

    UPDATE … Info pencairan cek Amazon melalui CIMB Niaga, waktu pencairan sekitar 14 samapi 60 hari. Pengalaman saya mencairkan cek Amazon di CIMB Niaga lebih dari 30 hari.

    Sementara Waktu di BRI kurang dari 30 hari uangnya sudah masuk ke rekening kita.

    Silahkan di share bagi rekan-rekan yang punya pengalaman mencairkan cek Amazon di bank yang lain.

    Thank’s to mas cosmas hino yang sudah membuat artikel diatas.

  14. iam detailer says:

    Mas hino, tahun ini saya terima 3 lembar copy tax info dari amazon, maksudnya untuk apa ya? masih bingung nich 🙁

Leave a Reply